Minggu, 12 Desember 2010

La Galigo (Part 1)

La Galigo sebuah Naskah yang manuskripnya bisa mencapai 2851 halaman ukuran kertas folio. Yang menceritakan Awal mula kerajaan bumi, Kisah Dewa-Dewi yang berasal dari kerajaan Langit dan kerajaan bawah air, Kisah Percintaan Abadi, Serta semua kearifan lokal yang terkandung dalam kebudayaan bugis klasik. Naskah La Galigo ini merupakan epos terpanjang di dunia yang dimana mengalahkan panjangnya Manuskrip dari India yang dikenal dengan Mahabarata


Tetapi dalam kebesaran sastra tulis yang sudah mendunia itu Naskah La Galigo dapat di jumpai di beberapa negara. Naskah tersebut tidak merupakan satu kesatuan yang utuh akan tetapi naskah tersebut terpisah-pisah. Hal inilah yang menjadi hambatan bagi para Peneliti Epos La Galigo. Manuskrip La Galigo bisa di jumpai di Museum La Galigo di Makassar, Di Perpustakaan Leiden di Belandan, Di Malaysia, dan manuskrip juga masih bisa kita jumpai pada keluarga-keluarga bugis yang melestarikan epos Tersebut.

Naskah tua yang harganya tak ternilai itu kebanyakan halamannya hasil dari proses penyalinan (Bukan Naskah Asli) bukan hanya itu saja banyak potongan episode dalam naskah yang penting itu hilang dan membuat pembacanya merasa kesulitan untuk menyambung cerita epos tersebut.

Begitu banyak mitos-mitos dalam naskah ini yang mungkin tidak pernah kita fikirkan dalam akal sehat manusia tapi itulah kerendahan hati sebuah epos suci yang di tuliskan dengan hati yang membuat para para pakar budaya tanah air dan asing tergoda untuk mengungkap rahasi tersembunyi dalam epos suci kebudayaan bugis klasik. Begitu banyak pakar budaya yang sudah meneliti epos tersebut tetapi yang mereka bisa ungkap hanya saja episode Cinta yang terlarang yang dimana Sawerigading mencintai saudara kembarnya yakni Tenriabeng yang terhalang oleh Adat Istiadat Bugis dan perjalanan Sawerigading ke Cina. sedangkan ada beberapa Pakar yang mencoba meneliti sumber awal terjadinya Kerajaan Bumi Dari Turunnya Batara Guru memimpin Kerajaan Bumi hingga proses terjadinya manusia pertama yang membuat banyak persepsi yang berbeda-beda

Sudah beratus-ratus tahun Legenda Masyarakat Bugis ini tercipta dan mungkin Masa juga yang akan menjawab dari misteri Legenda Masyarakat Bugis. La Galigo adalah sebuah misteri yang tak pernah terungkap.

0 unek - unek:

Posting Komentar